Pengelolaan Lahan, Limbah Rumah Tangga Dan Ekosistem Alami di Studio Senyawa

Studio Senyawa memiliki luas lahan 10×39 meter menghadap selatan dengan bentuk memanjang ke arah selatan utara. Area yang hampir 80% lahan tersebut sudah dipenuhi dengan bangunan (rumah, kantor, studio, lumbung), beberapa tanaman besar, serta lahan/area yang dikelilingi tembok rumah tetangga di sebelah kiri, kanan, belakang dan depan. Kondisi ini perlu dicarikan solusi untuk pengelolaan yang baik bagi ekosistem di sekitarnya. Berikut adalah beberapa permasalahan yang kami temui sebelum melakukan pengelolaan dan penyiasatan:

  1. Lahan ternaungi oleh bangunan, pohon rindang, dan tembok besar sehingga sinar matahari terhalang tidak dapat menembus langsung ke tanah. Hal ini menyebabkan lahan menjadi relatif lembab. 
  2. Terhalaunya sinar matahari juga membuat lahan tersebut cenderung mengarah ke iklim tropis sedang.
    (Berdasarkan elevasi topografi makro, iklim terbagi menjadi 3 jenis;  iklim tropis kering, iklim tropis sedang dan iklim tropis basah)
  3. Struktur tanahnya cenderung berpasir dengan porositas yang besar dan cenderung mengarah ke pH basah, (pH tanah adalah tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yang diukur dengan skala pH antara 0 hingga 14. Suatu benda dikatakan bersifat asam jika angka skala pH kurang dari 7 dan disebut basa jika skala pH lebih dari 7), sehingga tanah kurang kuat memegang air. Selain itu tanahnya pun miskin unsur hara. 
  4. Lahan hanya menyediakan ruang yang sempit untuk bisa dikelola/ditanami
  5. Sumber daya air yang minim
  6. Limbah rumah tangga dan seresah daun kering

Berdasar sejumlah permasalahan di atas, kami pun mencoba mencari solusi yang sesuai dengan situasi yang ada di lapangan dengan tentu saja mempertimbangan aspek-aspek ekologi dan ekonomi:
Untuk mengurai problem nomor satu, kami mencoba melakukan pembagian zonasi pada area tersebut berdasarkan durasi dan intensitas cahaya matahari. Kami juga mempetimbangkan ruang gerak serta estetika lahan. Zonasi ruang ini penting dalam menentukan dan memilih jenis tanaman apa saja akan ditanam di lahan kami berdasarkan stratifikasi tanaman. Secara garis besar, stratifikasi tanaman terbagi menjadi 4; tanaman puncak, tinggi, sedang, dan bawah. Pembagian zonasi pun ditentukan berdasarkan kebutuhan jenis tanaman apa saja yang mendukung dan

Leave a Reply

Your email address will not be published.